Cara Menghemat Baterai HP

Bayonettacontest – Handphone (HP) sudah menjadi salah satu barang wajib yang dimiliki hampir semua orang, karena banyak aktivitas bisa dilakukan hanya melalui produk tersebut. Termasuk ketika dalam perjalanan jauh atau mati lampu, jika baterai HP habis tentu banyak hal yang tertunda akibat konektivitas terputus. Untungnya ada cara menghemat baterai HP berikut ini yang bisa dicoba!

Cara Menghemat Baterai HP Saat Dalam Perjalanan Jauh

Mudik lebaran atau meeting di luar kota yang mengharuskan Anda berada di jalur darat dalam waktu lama, tentu kemungkinan besar baterai HP akan habis. Apalagi jika tidak punya power bank, bisa-bisa tiap sebentar Anda harus berhenti untuk sekedar mengisi baterai ponsel di warung atau restoran. Biar hal itu tak terjadi coba cara berikut agar baterai HP lebih hemat.

1. Pastikan Penuh

Sebelum berangkat Anda harus memastikan HP dalam kondisi baterai penuh, pastikan Anda melakukan pengisian daya baterai HP. Jangan lupa untuk mematikan HP saat proses pengisian baterai.

2. No Video And Music Offline

Nonton video tau mendengar musik offline memang bisa “membunuh” bosan, tapi hal itu akan mempercepat baterai HP Anda habis. Lebih baik alihkan dengan membaca buku yang Anda bawa, istirahat, atau bercengkrama bersama teman seperjalanan.

3. Aplikasi Hemat Baterai

Anda dapat mengunduh aplikasi untuk menghemat baterai, ini adalah Cara Menghemat Baterai HP saat perjalanan jauh yang cukup ampuh. Tinggal pilih aplikasi dengan fitur otomatisnya, sehingga bisa melakukan minimize penggunaan baterai semaksimal mungkin.

4. Matikan Data

Matikan koneksi jaringan internet Anda, jika tidak maka baterai akan terus tersedot untuk mencari sinyal dan memastikan sejumlah aplikasi dalam kondisi siap pakai.

5. Airplane Mode

Ini akan lebih menghemat baterai, karena selain data koneksi terputus, semua akses yang berhubungan dengan koneksi online dan offline juga akan terputus. Jika Anda melakukannya maka penghematan baterai bisa jauh lebih baik.

Cara Menghemat Baterai HP Saat Mati Lampu

Tidak ada yang tahu kapan lampu akan mati, kecuali pihak PLN memberikan informasi sebelumnya sehingga Anda bisa mempersiapkan diri. Jika kondisi itu terjadi tiba-tiba, maka cara menghemat baterai hp saat mati lampu inilah yang harus Anda lakukan.

6. Power Saving

Aktifkan power saving dimana sistem HP akan melakukan pengurangan aktivitas, dan baterai bisa dihemat lebih banyak. Biasanya Anda hanya bisa menerima telepon atau SMS atau menggunakan internet dengan porsi data minim.

7. Meminimalisir Cahaya

Cahaya yang terang pada HP juga menyedot baterai sangat besar, makanya ketika lampu mati segeralah untuk mengurangi intensitas cahaya di layar HP. dengan begitu konsumsi baterai bisa dikurangi.

8. Automatic Sync

Fitur ini memungkinkan sinkronisasi antar aplikasi yang ternyata bisa menyedot baterai. Sebab ketika sebuah notifikasi masuk, sistem komputer langsung menghubungkannya dengan aplikasi dan program yang tersinkronisasi. Ini sangat bermanfaat sebagai cara menghemat baterai HP Samsung, dan berbagai merek HP lain.

9. Matikan Notifikasi

Jika Anda mengaktifkan notifikasi pada sejumlah aplikasi penting, sebaiknya matikan dulu untuk sementara hingga lampu menyala kembali. Karena semakin banyak notifikasi yang masuk akan membuat baterai HP cepat habis.

Semoga semua cara menghemat baterai HP di atas bisa membuka mata Anda, bahwa ternyata selama ini banyak hal yang bisa diminimalisir jika ingin menghemat baterai. Jadi saatnya untuk merubah kebiasaan penggunaan HP saat perjalanan jauh atau mati lampu, agar HP bisa tetap digunakan terutama disaat darurat.