Mengetahui Fungsi Pendidikan Karakter Di Sekolah

Bayonettacontest –┬áPendidikan Penguatan Karakter (PPK) merupakan gerakan yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak 2016. Namun bagaimana dengan pendidikan karakter di sekolah? Apa nilai-nilai pendidikan karakter? Berikut pembahasan tentang pendidikan karakter yang harus diketahui oleh guru cerdas.

Definisi pendidikan karakter

Bagaimana para ahli pendidikan mendefinisikan pendidikan karakter? Ada beberapa arti, Guru Cerdas. Salah satu pengertian atau makna pendidikan karakter menurut para ahli yang dikutip di website University of Psychology yaitu:

Kaimuddin dalam majalah Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 (2014), pendidikan karakter merupakan upaya sadar yang direncanakan dan diarahkan melalui lingkungan belajar untuk tumbuh dan berkembangnya segenap potensi manusia yang memiliki ciri-ciri Kepribadian yang baik yaitu bermoral, dan memiliki efek konstruktif positif pada alam dan masyarakat.

Pengertian pendidikan karakter dapat dipahami oleh setiap kata secara terpisah. Pendidikan adalah proses mempelajari kebiasaan, keterampilan, dan pengetahuan manusia yang diturunkan dari generasi sebelumnya ke generasi berikutnya. Sedangkan karakter adalah akumulasi dari sifat, sifat dan kepribadian individu yang mengarah pada keyakinan dan kebiasaan Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Tanpa meninggalkan pemahaman masing-masing, dapat dipahami bahwa pendidikan karakter merupakan upaya terencana untuk membangun karakter individu agar kelak menjadi pribadi yang bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun bagi banyak orang.

Fungsi pendidikan karakter

Merujuk pada definisi di atas, pendidikan karakter memiliki fungsi yang fundamental dalam mengembangkan potensi seseorang agar dapat menjalani kehidupannya secara positif. Dalam ranah pendidikan formal, pendidikan karakter di sekolah berfungsi untuk membentuk karakter peserta didik menjadi pribadi yang berakhlak mulia, bermoral, tangguh, berperilaku baik dan toleran.

Lebih lanjut laman Serupa.id menyebutkan tiga fungsi utama pendidikan karakter di sekolah. Serupa.id menyebutkan Zubaedi dalam buku Desain Pendidikan Karakter (2012) yang menyebutkan tiga fungsi pendidikan karakter di sekolah. Jika fungsinya adalah:

1. Peran pelatihan dan pengembangan potensi

Sehingga siswa dapat mengembangkan potensinya untuk berpikir dengan baik, memiliki hati nurani yang baik, berperilaku yang baik dan memiliki karakter yang baik.

2. Fungsi Upgrade dan Perbaikan

Meningkatkan dan memperkuat peran individu, keluarga, satuan pendidikan, komunitas dan pemerintah agar memenuhi tanggung jawabnya dan berperan serta dalam mengembangkan potensi kelompok, instansi atau masyarakat pada umumnya.

3. Fungsi filter

Pendidikan karakter digunakan agar masyarakat dapat memilih dan menata budaya bangsa sendiri, menyaring budaya bangsa lain yang tidak sesuai dengan nilai karakter bangsa sendiri dan budaya yang berbudi luhur.

Nilai-nilai pendidikan karakter

Lantas apa sajakah nilai budaya bangsa yang luhur? Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan nilai-nilai pendidikan karakter sebagai prioritas pengembangan pendidikan penguatan karakter. Dan lima tokoh utama yang turut menentukan pentingnya pendidikan karakter, yaitu:

1. Religius

Tingkah laku yang diwujudkan dalam pelaksanaan ajaran dan kepercayaan agama, menghargai perbedaan agama dan kepercayaan lainnya.

2. Nasionalis

Hal tersebut ditunjukkan dengan menghargai budaya bangsa, menjaga lingkungan, taat hukum, disiplin dan menghormati keragaman budaya, suku dan agama.

3. Integritas

Ia memahami sikap tanggung jawab, koherensi tindakan dan perkataan berdasarkan kebenaran, menghormati martabat individu dan mampu menjadi teladan.

4. Mandiri

Menjadi siswa seumur hidup, menggunakan semua energi, pikiran, dan waktu Anda untuk memenuhi harapan, impian dan aspirasi.

5. Gotong Royong

Siswa harus menunjukkan rasa hormat kepada orang lain, dapat bekerja sama, inklusif, tersedia, memiliki empati dan rasa solidaritas.

Sumber: https://academia.co.id/