Cara Menanam dan Perawatan Tanaman Hias dalam Pot

Cara Menanam dan Perawatan Tanaman Hias dalam Pot

Bayonettacontest – Bagi Anda yang memiliki hobi bercocok tanam namun tinggal di perkotaan, seringkali Anda mengalami kendala saat mencoba menyalurkan hobi Anda. Kendala yang dirasakan tidak lain adalah sangat terbatasnya ketersediaan lahan yang dapat digunakan sebagai media tanam. Untuk mengatasi masalah tersebut, berbagai teknik pertanian telah dikembangkan, khususnya untuk budidaya tanaman hias.

Media yang berbeda dapat digunakan, dari tanah ke air. Namun yang akan dibahas dalam artikel ini justru bagaimana cara menanam dan merawat tanaman hias di dalam pot. Menanam tanaman hias dalam pot memiliki banyak kelebihan, salah satunya tidak membutuhkan lahan yang luas. Apalagi dengan menempatkannya di dalam pot, Anda akan bisa menikmati tanaman hias Bunga Papan Makassar ini sebagai salah satu dekorasi interior di rumah Anda.

Menanam tanaman hias dalam pot

Memilih alternatif menanam tanaman hias dalam pot memang menjadi pilihan yang tepat jika Anda tidak memiliki cukup tanah untuk menanamnya. Cara ini dianggap paling sederhana dibandingkan dengan teknik pertanian lain yang saat ini sedang booming di dunia pertanian. Agar tanaman hias dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

Pilihan pot atau media tanam

Sebelum menanam bibit, pemilihan penyangga dan wadah merupakan bagian penting. Anda harus bisa menyesuaikan ukuran pot dengan tanaman yang ingin Anda tanam. Kemudian Anda juga harus memeriksa di bagian bawah toples apakah ada lubang yang digunakan untuk bernafas atau tidak. Jika lubang ini belum tersedia, Anda harus membiarkan minimal lima lubang untuk aliran air yang lebih lancar.

Penggaris pot

Lapisan dalam pot yang dimaksud di sini adalah, sebelum masuk ke media tanam, Anda perlu menutup pot dengan bahan seperti batu kecil atau sabut. Bahan-bahan tersebut nantinya akan digunakan sebagai penahan pertumbuhan dan perkembangan akar dan batang agar tanaman hias tidak mudah rebah.

Campurkan tanah dengan nutrisi sebagai media tanam

Langkah selanjutnya adalah mengisi pot dengan tanah tanam, yaitu tanah yang telah dicampur dengan pupuk alami seperti pupuk kandang dan pupuk urea. Isi pot dengan sekitar 1/3 tanah lalu tambahkan tanaman yang ingin Anda tanam. Isi dengan tanah tetapi jangan sampai ke bagian atas pot. Sisakan sekitar 2 cm agar saat menyiram air tidak meluap.

Pemasangan dan penggantian pot

Menanam tanaman hias dalam pot juga harus memperhatikan penempatan pot. Hal ini agar tanaman hias Anda mendapatkan sinar matahari yang cukup. Cahaya matahari sangat bermanfaat bagi tumbuhan untuk proses fotosintesis. Mengenai perawatannya tidak jauh berbeda dengan tanaman pada umumnya yang membutuhkan air dan pupuk. Jadi, yang tidak kalah pentingnya adalah pot harus diganti saat tanaman hias sudah tumbuh agar tidak rontok.

Sumber: Karangan Bunga Makassar

Anda mungkin juga suka...