Cara Meredupkan Layar Komputer

Cara meredupkan layar komputer –┬áTahukah Anda bahwa terlalu lama bekerja di depan komputer, akan menyebabkan mata jadi lelah dan resiko rabun jauh jadi lebih besar? Kebanyakan orang tidak menyadari hal itu, padahal cukup dengan mengurangi intensitas cahayanya dengan cara meredupkan layar komputer yang tepat, Anda sudah bisa terhindar dari resiko kelelahan mata lho!

Banyak manfaat yang bisa Anda rasakan ketika cahaya pada layar komputer lebih redup, diantaranya bisa mengurangi resiko kanker akibat blue light yang dihasilkan cahaya tersebut. Juga membuat mata tetap sehat dan tentunya akan mempermudah Anda membaca setiap tulisan.

Cara Meredupkan Layar Komputer Untuk Secara Umum

Untuk Anda yang punya komputer dengan aplikasi Windows 7 ke bawah, bisa menggunakan beberapa cara meredupkan layar komputer lama berikut ini. Sudah banyak yang menggunakannya dan terbukti berhasil membantu mengurangi efek cahaya terlalu terang pada mata Republik Poker.

1. Personalize

Cara ini adalah yang paling umum bisa dilakukan pada semua jenis komputer dengan sistem windows generasi lama hingga terbaru. Caranya adalah:

  1. Pastikan Anda berada di halaman utama Windows atau desktopnya
  2. Klik mouse sebelah kanan hingga muncul kotak menu personalize
  3. Pilihlah menu display
  4. Pada menu display Anda bisa klik pada bagian adjust brightness, kemudian atur tingkat redup cahaya sesuai kenyamanan Anda.
  5. Klik OK jika sudah selesai dan tampilan cahaya pada layar akan lebih redup.

2. Windows+X

Cara berikutnya adalah dengan pencet bersamaan ikon win + X pada keyboard komputer Anda, kemudian lanjutkan dengan langkah ini:

  1. Akan muncul beberapa menu pilihan di sisi kiri layar komputer, Anda tinggal pilih Mobility Center atau pada beberapa kelas Windows memberinya nama Windows Mobility Center.
  2. Pilih display brightness dan atur kecerahan sesuai kebutuhan Anda
  3. Tutup perintah display dan update cahaya secara otomatis akan dijalankan sistem

3. Monitor

Pada control panel Anda bisa memilih monitor control lalu masuk pada menu selanjutnya yaitu brightness. Aturlah tingkat cerah tampilan layar ke posisi lebih redup dari sebelumnya.

4. F2 dan F3

Pada sejumlah komputer juga bisa dimanfaatkan cara meredupkan layar komputer dengan keyboard F2 dan F3, untuk mengatur secara langsung tingkat cahaya pada layar. Jika Anda ingin lebih redup tinggal pencet F2 hingga tingkat cahaya yang diinginkan.

Cara Meredupkan Layar Komputer Untuk Windows 7

Bagi pengguna Windows 7 ada satu cara cepat yang bisa dipakai untuk segera meredupkan cahaya layar komputer Anda yaitu dengan slider. Cara meredupkan layar komputer Windows 7 dan 10 ini adalah:

  1. Klik pada ikon baterai komputer yang terletak pada bagian kanan bawah layar. Pastikan komputer Anda tidak dalam kondisi pengisian daya baterai.
  2. Untuk meredupkan Anda tinggal geser tampilan baterai ke arah kiri yang bertuliskan best battery life. Tapi kalau Anda mau mengatur sedikit lebih terang tinggal arahkan klik pada tulisan best performance hingga kondisi terbaik menurut mata Anda.
  3. Secara otomatis tampilan cahaya akan lebih redup dari sebelumnya. Anda bisa mengubahnya kapanpun dibutuhkan agar mata benar-benar terhindar dari kelelahan.

Itulah penjelasan penting seputar cara meredupkan layar komputer, segeralah lakukan pada komputer Anda apalagi buat yang matanya sudah terasa lelah dan sulit melihat tulisan dengan jelas. Ini adalah solusi terbaik untuk masalah kesehatan mata, tapi juga tepat bagi Anda yang mau menghemat baterai komputer agar bisa dipakai untuk waktu lebih lama. selamat mencoba!